Wednesday, February 27, 2013

Beberapa Jenis Tanaman Jarak

Jenis tanaman jarak Pagar atau biasa disebut dengan nama latin Jatropha curcas L, tanaman ini memiliki batang yang besar dengan cabang yang tidak teratur. Tingginya dapat mencapai kisaran 3 m, memiliki batang yang bergeta dan getahnya juga agak kental, daunnya lebar-lebar berbentuk seperti jantung dan tepinya rata atau juga agak bertekuk dan tangkainya juga panjang. Buah yang dihasilkan berbentuk bulat seperti telur, bunganya berwarna hijau kekuningan berkelamin tunggal, buah yang dihasilkan terbagi dalam tiga ruang buahnya juga tidak merekah dan pada masing-masing ruang terdapat 1 biji yang berbentuk bulat agak loncong. Memiliki warna hitam, tanaman jarak mulai produktif pada usia 6 bulan dan bisa bertahan hidup sampai usia 50 tahun.

Jarak Ulung yang memiliki nama latin Jatropha gossypifolia L, tanaman jenis ini umunya tumbuh pada tepian jalan, atau ditempat-tempat lainnya yang terkena sinar matahari dan berada pada dataran rendah. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, memiliki batang yang tegak bisa tumbuh antara 1-2 meter. Mempunyai rambut kelenjar yang berbentuk menyerupai bentuk bintang, daunnya berbentuk bulat telur atau bisa dikatan hampir bulat, daun yang masih muda berwarna keunguan sedangkan daun yang sudah tua berwarna ungu kecoklatan. Bunga yang dihasilkan juga memiliki warna keunguan yang keluar dari ujung batang, buah yang dihasilkan bila masak menjadi berwarna hitam.

Jarak Bali atau biasa disebut dengan Jatropha podagrica Hook, jenis tanaman jarak ini biasanya ditemukan sebagai tanaman hias bertempat dipekarangan rumah. Tanaman ini memiliki batang yang tegak, tinggi tanaman ini bisa mencapai 0,5-1,5 meter. Memiliki getah berwarna putih, batang tanaman ini juga  tungga atau tidak banyak memiliki cabang, pangkal batangnya juga mengelembung seperti umbi. Terdpat bunga jantan dan juga bunga betina dalam satu tangkai, bunga yang dihasilkan berwarna oranye. Buahnya berbentuk elips melebar dan bijinya berbentuk bulat dan panjang, daun tanaman ini juga bertangkai bentuk daunnya juga berbentuk bangun persia.

Jenis tanaman jarak yang lain adalah jarak jitun atau bisa disebut jarak kepyar yang memiliki nama latin Ricinus communis Linn, tanaman ini bisa tumbuh liar di hutan, sepanjang pantai, atau juga dapat tumbuh disekitar pantai. Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman komoditas perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik di areal yang kurang subur sekalipun asalkan memiliki pH tanah sekitar 6-7, tanahnya juga harus memiliki sistem drainase air yang juga baik sebab akar tanaman jarak tidak tahan terhadap genangan air. Tanaman ini juga mudah untuk dikembagbiakkan dengan cara menanam bijinya yang sudah tua yang biasanya berwarna agak kehitaman, memiliki batang bulat dan berongga didalamnya. Jenis tanaman tahunan atau anual dan memiliki daun tunggal, buah yang dihasilkan memiliki duri-duri yang lunak.

No comments:

Post a Comment