Wednesday, February 27, 2013

Mengenal Pohon Jarak Hitam

Pohon jarak hitam merupakan tanaman dari familia euphorbiaceae yang pada umumnya tanaman ini tumbuh di lingkungan liar yang ada di tepi jalan, bisa juga tumbuh di semak atau di lapangan rumputan asalkan lokasinya terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini dapat tumbuh di lokasi pada dataran rendah, jarak merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, jenis tanaman ini merupakan tanaman tahunan tumbuhnya tegak lurus dengan batang pohon bulat dan memiliki rongga. Jarak juga dapat tumbuh tinggi hingga 1-2 meter, batangnya memiliki rambut kelenjar yang kebanyakan berbentuk seperti bintang yang bercabang.

Batang kayunya berwarna coklat yang memiliki banyak cabang, memiliki getah yang berbusa. Daun tanaman ini tunggal dan memiliki tangkai daun yang panjang berbentuk bulat, daunnya berwarna keunguan sedangkan daun yang sudah tua berwarna ungu kecoklatan. Buah yang dihasilkan tanaman ini berwarna hijau dan apabila sudah tua berubah warna menjadi kehitaman,biji dari tanaman ini juga mengandung banyak minyak yang dapat digunakan sebagai energi alternatif.

Jarak merupakan tanaman yang telah lama familiar dimasyarakat yang biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, banyak bagian dari tanaman ini yang dapat digunakan sebagai obat yakni muali dari akar, daun, dan juga bijinya. Berikut ini adalah macam penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bagian pohon jarak hitam antara lain lepra lepra (morbus hansen), radang anak telinga, prngsung muntah, demam, sembelit, pembengkakakn dan penyakit kulit, dan juga radang telinga. Penyakit tersebut bisa diobati dengan menggunakan bagian daun, minyak dan juga biji jarak tentunya bagian tumbuhan jarak tersebut tidak langsung dikonsumsi apabila ingin dijadikan sebagai obat, perlu adanya pengolahan terlebih dulu sehingga bagian tanaman jarak bisa digunakan sebagai obat herbal.

Cara pengolahan daun jarak sehingga bisa dipakai sebagai obat bagi penderita penyakit yakni untuk pemakaian, ambillah daun yang masih segar setelah itu lalu bersihkan dan dilumatkan, ramuan tadi dicampur dengan sedikit air dan bisa langsung digunakan di tempat yang bengkak akibat terjatuh atau terkena pukulan. Untuk penanganan terhadap penyakit kulit daun jarak tadi kemudian direbus dulu dan airnya digunakan sebagai mandi untuk penderita demam juga bisa menggunakan cara ini.

Pohon jarak hitam juga bisa digunakan untuk penanganan akibat susah buang air besar yang perlu digunakan adlalah ambillah daun jarak sebanyak 3-4 lembar yang masih segar, kemudian permukaan daun tersebut diolesi dengan minyak kelapa lalu dilayukan diatas api selagi hangat ditempelkan pada perut yang sakit. Atau bisa juga dilakukan pengobatan dengan biji, cara yang digunakan yakni ambillah biji jarak sebanyak 20 butir lalu dibakar kemudian ditumbuk setelah itu baru dimakan.

No comments:

Post a Comment