Wednesday, February 27, 2013

Khasiat Getah Daun jarak

Getah daun jarak  belum diketahui oleh banyak kalangan masyrakat, karena kabar tentang minyak jarak sebagai energi alternatif pengganti bensin yang lebih populer dibandingkan dengan khasiat lain yang terkadung dalam tanaman ini, ternyata banyak manfaat untuk dijadikan sebagai obat yang terkandung dalam tanaman ini. salah satunya getah dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat sakit mata merah yang diakibatkan oleh iritasi atau masuknya benda asing kedalam mata, cara pengatasannya bisa dibilang lumayan gampang tinggal mencari getahnya lalu dioleskan disekitar pelipis mata yang sakit sekitar 2 jam kemudian mata akan kembali putih. Menggunakan getah tanaman  ini memang tidak secepat pemakaian obat tetes mata, tetapi apabila digunakan untuk bayi bisa dibilang lebih aman dan tidak beresiko karena tidak harus memasukkan sesuatu ke dalam mata bayi yang masih sensitif.

Getah tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengempiskan perut bayi yang kembung, tinggal menggoleskannya ke perut bayi yang kembung tadi. Selain itu dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang dengan meneteskan getah ke gigi yang sakit apabila dilakukan secara berulang- ulang maka rasa sakit akan cepat hilang dan berangsur-angsur sembuh, Getah dari tanaman ini ternyata mengandung minyak kastor yang berkhasiat sebagai obat. Selain dapat meredam rasa nyeri minyak ini diketahui dapat meredam terjadinya peradangan, dimasa sekarang seiring dengan kemajuan teknologi minyak ini kemudian diolah sebagai keperluan industri tekstil, otomotif, bisa digunakan sebagai minyak rem, sebagai bahan pelumas dan gemuk.

Tidak hanya itu getah daun jarak juga dapat menyembuhkan sakit sariawan di mulut, tak banyak yang mengunakannya saat ini karena seiring dengan kemajuan teknologi banyak terdapat obat sariawan yang dijual ditoko-toko maupun apotik. Keberadaan obat-obatan tersebut secara tidak langsung dapat mengeser fungsi obat tradisional sehingga masyarakat tidak banyak tahu fungsi tanaman obat yang ada di lingkungan sekitarnya.

Getah daun jarak sangatlah mujarab bagi obat sariawan bisa dibilang lebih ampuh dari obat sariawan yang dijual di toko maupun apotik yang ada sekarang ini, namun tidak ada salahnya jika kita mengingat cara pembuatan ramuan kuno untuk menyembuhkan sariawan di mulut yang telah dibuat oleh nenek moyang dan turun-temurun sampai saat ini, cara pembuatan ramuan tersebut yakni pertama carilah pohon pada usia produktif lalu petiklah daun secukupnya kemudian akan diambil getah-getah yang keluar dari tingkai daun tersebut dengan menggunakan kapas kecil. Kemudian getah yang ada dikapas tersebut dioleskan pada bagian sariawan yang ada di mulut, memang efeknya akan merasakan pedih namun setelah itu rasa sakit akan hilang dan sariawan dimulut kita akan sembuh.

No comments:

Post a Comment