Wednesday, February 27, 2013

Kenali Manfaat Daun Jarak

Jarak merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sebagai obat herbal, selain itu juga biji dari tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin atau yang lebih ngetren disebut Biofuel. Tanaman yang bernama latin Jatropha curcas L ini ternyata memiliki banyak manfaat di berbagai bagian pohonnya, ternyata manfaat daun jarak sangatlah banyak untuk kesehatan diantaranya daunnya dapat digunakan sebagai obat masuk angin bayi. Tidak hanya itu daun tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas bagi bayi yang sangat mujarab, selain itu kegunaan daunnya dapat pula dijadikan sebagai obat pacahar. Tentunya untuk menggunakan daun tersebut sebagai obat perlu adanya pengolahan terlebih dahulu, proses penggunaan atau pengolahannya daun tanaman tersebut sehingga menjadi obat penyembuh penyakit sebagai berikut.

Untuk pengobatan sakit kembung atau masuk angin pada bayi gunakanlah 2-3 helai daun jarak kemudian daun tersebut diolesi dengan minyak terlebih dahulu lalu dipanaskan diatas api hingga panas didaun bisa merata, proses pemanasan sekitar 1-2 menit saja. Setelah dipanaskan barulah daun jarak tersebut diletakkan dipunggung atau bisa di perut bayi, agar daun tidak mudah lepas bisa dipasang dengan gurita bayi.

Manfaat daun jarak sebagai obat penurun panas pada nayi juga bisa terbilang cukup efektif, cara pengolahan daun tersebut sebagai obat penurun panas yakni dengan menyediakan 2-4 helai daun kemudian diolesi dengan minyak secara merata selanjutnya dipanaskan hingga merata sekitar 1-3 menit kemudian barulah ditempelkan dikening bayi.

Sebagai pengobatan sakit pachar sediakan daun jarak yang segar secukupnya setelah itu dikukus terlebih dahulu, setelah matang daun siap dijadikan sebagai lalapan lakukan hal ini selama 2-3 kali sehari, atau juga daun bisa langsung dimakan tanpa harus dikukus terlebih dahulu tetapi sebelunya  harus dicuci bersih terlebih dulu.

Manfaat tanaman ini yang sangt banyak untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit membuat tanaman ini sekarang mulai banyak dibudidayakan oleh kalangan masyarakat secara luas untuk dijadikan tanaman toga (tanaman obat keluarga), syarat tumbuh tanaman ini tidaklah rumit hanya harus ada ketersediaan air yang cukup serta tanah yang bersih. Banyak yang bisa dimanfaatkan dari tiap bagian tanaman ini mulai dari daun, dan bijinya, untuk itu tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dibudidayakan.

Manfaat daun Jarak untuk pengobatan sakit pada bayi khusunya terbilang aman untuk menyembuhkan penyakit bayi karena tidaklah harus memasukkan obat kimia untuk menyembuhkan sakit pada bayi,  untuk itu penggunaan obat tradisional seperti ini sangatlah diutamakan karena metode pengobatannya yang aman dan juga terbukti efektif. Untuk itu perlu rasanya bila memiliki tanaman ini sendiri dipekarangan rumah.

No comments:

Post a Comment