Wednesday, February 27, 2013

Fungsi Getah Pohon Jarak

Banyak yang telah beranggapan bahwa tanaman jarak merupakan tumbuhan liar yang tidak banyak memiliki khaasiat, namun belakangan ini banyak diteliti tentang tanaman ini ternyata tanaman jarak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan penyembuhan berbagai macam penyakit. Tak hanya itu banyak diketahui biji dari tanaman ini memiliki fungsi bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan bahan bakar alternatif untuk biodiesel, salah satu perusahaan yang saat ini telah berusaha mengembangkan biji jarak sehingga bisa dijadikan sebagai bahan bakar yakni pertamina. Tanaman yang sebelumnya hanya berfungsi sebagai obat herbal yang diketahui oleh masyarakat ternyata selain itu juga memiliki fungsi ekonomis yang cukup tinggi, karena bijinya bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan energi alternatif nselain itu fungsi getah pohon jarak juga dapat digunakan sebagai obat herbal yang lumayan manjur.

Tak pernah terlintas dibenak anda sebelumnya tanaman jarak memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan, tanaman ini biasanya dapat kita jumpai dipekarangan rumah dan juga seringkali diabaikan karena kebanyakan orang masih belum banyak mengetahui fungsi tanaman ini. Jarak Pagar yang mempunyai nama latin (jatropha curcas) termasuk dalam famili euphorbiaceae, tanaman ini satu famili dengan karet dan juga ubi kayu. Masyarakat yang mengetahui fungsi tanaman ini banyak memanfaatkannya sebagai obat luar yang bisa digunakan sebagai terapi demam, selain itu bisa juga digunakan sebagai obat penyubur rambut atau penyembuh luka.

Banyak manfaat yang ada pada tiap bagian tanaman jarak, yakni mulai dari akat tanaman yang berfungsi sebagai obat penyembuh penyakit Rheumatik sendi, tetanus, epilepsi, bronchitis pada anak-anak, luka terpukul, TBC kelenjar, schizophrenia (gangguan jiwa). Sedangkan daun tanaman ini mampu mengobati penyakit Koreng, eczema, gatal (pruritus), batuk sesak, hernia. Manfaat biji selain bisa dijadikan minyak juga banyak digunakan sebagai obat penyembuh penyakit yaknikelumpuhan otot muka (facial nerve paralysis), TBC kelenjar, bisul, koreng, scabies dan infeksi jamur. Juga dipakai pada bengkak (edema), Kesulitan buang air besar (Constipation), kanker mulut rahim dan kulit (Carsinoma of cervix and skin), visceroptosis/ gastroptosis, kesulitan melahirkan dan retensi placenta/ari-ari (difficult labor and retention of placenta), manfaat penyembuh yang ada pada minyak jarak yakni penyakit koreng dan juga luka bakar, sementara fungsi dari getah pohon jarak dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit sariawan.

Pada saat ini para peneliti sedang meneliti terkait dengan getah pohon jarak, ternyata getahnya mengandung senyawa flavon, sterol, serta  spaponin. Sedangkan senyawa sterol itu sendiri merupakan senyawa awal untuk pembentukan vitamin D, senyawa spaponin merupakan senyawa salah satu bentuk glikosida. Dari kandungan tadi getah tanaman jarak bisa bermanfaat sebagai obat mengatasi radang pada pulpa yang dapat merusak gusi, dan juga dapat menyembuhkan sariawan.

No comments:

Post a Comment