Wednesday, February 27, 2013

Klasifikasi Tanaman Jarak Sebagai Penyembuhan

Tanaman jarak merupakan jenis tanaman obat yeng memiliki banyak fungsi dan juga kegunaan, berikut ini adalah berbagai macam manfaat dan juga khasiat yang ada pada tanaman jarak berikut ini adalah klasifikasi tanaman jarak muali dari akar sampai dengan biji, banyak yang dapat dimanfaatkan dari tiap bagia tanaman ini mulai dari biji, daun, dan juga minyak jarak.

Beberapa manfaat yang terkandung dalam biji jarak yakni bijinya bisa digunakan sebagai pengobatan penyakit kesulitan buang air besar (constipation), TBC kelenjar, bisul, koreng, kelumpuhan otot muka ( facial nerve paralysis), kanker mulut rahim dan kulit ( carsinoma or cervix and skin), kesulitan dalam hal melahirkan dan retensi placenta (difficult labor and retention of placenta), dan juga visceroptosis atau gastroptosis, dipakai juga untuk mengobati bengkak (edema), scabies dan infeksi jamur.

Manfaat yang terkandung dalam akar jarak sebagai penyembuhan penyakit, penyakit yang dapat disembuhkan dengan akar jarak yakni apilipsi, tetanus, reumatik pada sendi, luka akibat terpukul, TBC kelenjar, bronchitis pada anak-anak, schizophrenia (gangguan jiwa). Manfaat yang terdapat pada daun jarak sebagai penyembuhan antara lain penyakit batuk sesak, gatal (pruritus), hernia, eczema, koreng. Minyak pada biji jarak selain sebagai energi alternatif juga bisa difungsikan sebagai obat untuk penyembuhan penyakit, berikut ini penyakit yang dapat disembuhkan dengan minyak jarak yakni luka bakar, koreng, constipasi.

Klasifikasi tanaman jarak untuk dijadikan sebagai obat membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman obat herbal yang multifungsi karena kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, berikut ini manfaat biji jarak yang dapat digunakan sebagai obat berbagai penyakit dan pengolahannya biji jarak sehingga dapat dijadikan sebagai obat. Manfaat biji untuk dijadikan sebagai obat koreng ambil 20 biji yang telah dibuang kulitnya dilumatkan kemudian ditempelkan dibagian yang sakit, untuk obat prolapsus uterus dan rectum caranya lumatkan biji jarak kemudian ditempelkan di bagian kepala yang sakit. Manfaat untuk pengobatan kelumpuhan pada otot wajah ramuan yang digunakan yakni lumatkan biji jarak kemudian lumatkan lalu tempelkan pada sendi mandibular dan juga di lengkungan mulut pengobatan dilakukan selama 10 hari, manfaat untuk kesulitan dalam melahirkan resep yang digunakan yakni lumatkan biji jarak yang telah dibuang kulitnya lalu tempelkan pada tengah-tengah telapak kaki.

Manfaat dari daun jarak untuk menyembuhkan hernia cara yang dilakukan yakni dengan ambil daun jarak ditambahkan dengan garam lalu dilumatkan kemudian tempelkan ditengah-tengah telapak kaki, pengobatan untuk bengkak resep yang digunakan adalah ambillah daun jarak secukupnya kemudian dikukus hingga matang dan dibungkus selanjutnya ditempelkan ditempat yang sakit. Manfaat akar jarak sebagai obat pegal-pegal ramuan yang digunakan yakni akar jarak 9-6 gr yang sudah dikeringkan lalu direbus dan diminum, contoh diatas merupakan klasifikasi tanaman jarak yang tiap bagiannya dapat dijadikan sebagai obat.

No comments:

Post a Comment