Wednesday, February 27, 2013

Kegunaan Daun Jarak Merah

Jarak merah (Jatropha gossypifolia L.) merupakan tanaman sebagai sumber obat tradisional di masyarakat sejak dulu kala, namun pengunaan biji tanaman ini sebagai obat belakangan ini nampaknya mendpatkan larangan karena kandungan toksiknya yang bisa dikatakan terlalu tinggi untuk dijadikan sebagai obat herbal. Meski kegunaan biji untuk pengobatan sangatlah danyak seperti bisa dijadikan sebagai obat pacahar yang mujarab, tapi biji tanaman ini telah banyak digunakan oleh para penjelajah untuk mengobati gigitan ular. Kala jengking, kudis, sakit gigi dan juga sakit gusi.
Namun tak hanya bijinya saja yang dapat dijadikan sebagai obat ternyata kegunaan daun jarak merah untuk dijadikan obat sangatlah banyak kebanyakan orang mengunakannya dengan mencampur rebusan daun tadi dengan air yang nantinya untuk mandi.

Kegunaan daun tanaman ini ternyaa sangatlah banyak khasiatnya  antara ain untuk mengobati perut yang tiba-tiba sakit sehingga pencernaan tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan mencret khusunya digunakan untuk pengobatan pada anak-anak, penghilang kembung pada perut juga bisa. Demikian adlah resep yang digunakan untuk menghilangkan sakit perut, ambillah daun jarak merah 3 lembar lalu beri dengan minyak kelapa secukupnya selanjutnya panaskan diatas api sampai hangat jangan terlalu panas setelah itu baru tempelkan daun yang sedah dipanaskan tadi ke perut yang sakit tadi dalam waktu yang relatif singkat sakit perut tersebut akan hilang.

Kegunaan daun jarak merah yang lain adalah untuk obat masuk angin pada bayi, resep yang digunakan sebagai berikut ambillah 2-3 helai daun jarak kemudia diolesi dengan minyak makan yang baru lalu dipanaskan diatas panas api sekitar 1-2 menit jangan sampai daun terlalu layu. Setelah panasnya didaun sudah merata letakkan pada perut atau juga bisa dipunggung bayi, bisa juga digunakan sebagai obat penurun panas pada bayi resep yang digunakan yakni ambillah daun jarak secukupnya kemudian oleskan minyak kelapa ke permukaan daun secara merata. Selanjutnya daun tersebut dipanaskan diatas api selama kurang lebih1-2 menit setelah panasnya merata letakkan daun tersebut dikening bayi, insya allah panasnya akan berangsur menurun.

Khasiat lain dari daun tanaman ini yakni dapat digunakan sebagai obat dari penyakit hernia, resep yang digunakan adalah sebagai berikut ambillah daun jarak secukapnya dicampurkan dengan sedikit garam lalu dilumatkan setelah campuran lembut barulah ditempelkan di bagian tengah dari telapak kaki lakukan prngobatan ini minimal 2 kali dalam 1 hari. Tidak hanya itu kegunaan daun jarak merah bisa untuk mengempiskan bengkak pada tubuh cara yang digunakan yakni ambillah daun secukupnya lalu dikukus sampai matang kemudian dibungkus dan ditempelkan dibagian tubuh yang bengkak.

2 comments:

  1. Salam sejahtera pak Yocky .....

    Trima kasih atas info nya yang sangat berguna bagi masyarakat ini tentang kegunaan Pohon Jarak Pagar untuk kesehatan , mudah - mudahan ini membantu bagi para penderita karena Pohon ini mudah di temukan di mana-mana .
    Sebagai info tambahan kami sedang mengembangkan Perkebunan Jarak Pagar secara Profesional dalam rangka persiapan sebagai Energi Alternatif yang murah dan Ramah Lingkungan .
    Tolong klik. www.jarakpagarsumba.com

    Terima kasih ..... Tuhan Memberkati . Michael Umbu.

    ReplyDelete