Wednesday, February 27, 2013

Manfaat Daun Jarak Pagar Sebagai Penyembuh Penyakit

Banyak sekali tanaman disekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai obat herbal, salah satunya yakni tanaman jarak. Bagian dari tanam ini yang bisa dijadikan obat yakni biji dan daunnya, selain biji tanaman ini bisa diambil minyaknya ternyata tanaman ini banyak bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk menyembuhkan berbagai penyakit manfaat daun jarak pagar ternyata memiliki kandungan tersendiri untuk bisa menyembuhkan berbagai maca penyakit. Tanaman dengan nama latin Jatropha curcas L ternyata banyak memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan diantara penyakit yang dapat disembuhkan antara lain daunnya dapat digunakan sebagai obat masuk angin bagi bayi, selain itu juga daunnya juga dapat digunakan sebagai obat untuk penurun panas bagi bayi, dan juga daunnya dapat digunakan untuk obat pacahar, mengencangkan payudara, dan mengobati pembengkakan pada gusi.

Proses penggunaan daun jarak pagar untuk bisa dijadikan sebagai obat tentunya harus melalui proses pengolahan terlebih dulu, berikut ini adalah proses yang harus dilakukan agar daun jarak tersebut bisa untuk obat penyakit yang telah disebut diatas, untuk pengobatan masuk angin pada bayi dan juga bermanfaat untuk menurunkan panas pada bayi. Proses yang digunakan yakni ambillah 2-3 helai daun kemudian dioleskan minyak merata diatas daun lalu panaskan daun diatas api hingga panasnya merata sekitar kurang lebih 2-3 menit, setelah panas pada daun merata kemudian letakkan daun tersebut ke punggung atau perut bayi agar tidak lepas bisa dipasang dengan gurita bayi.

Daun jarak pagar juga dapat digunakan sebagai obat pacahar, caranya lebih sederhana tinggal mencari daun jarak secukupnya lalu dikukus sampai setengah matang setelah matang bisa langsung dimakan atau dijadiakan sebagai lalalpan.

Fungsi yang lain dari daun tanaman ini adlah bisa digunakan sebagai obat pengencang payudara, proses yang harus dilalui yakni mengambil 2-3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 jahe secukupnya, ditambah dengan 1 sendok garam, bahan-bahan tadi kemudian ditumbuk dan dicampurkan ½ gelas air kemudian lumurkan ramuan ini ke payudara anda. Daun tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat pengempis gusi yang bengkak, ramuan yang dipakai yakni ambillah 5-6 lembar daun jarak, 1 sendok garam dapur lalu direbus dengan 5 gelas air setelah disaring gunakanlah air tersebut untuk berkumur.

Daun jarak pagar merupakan obat herbal yang aman untuk digunakan, selain tidak memakan biaya yang teramat mahal dibandingkan dengan membeli obat kimia lainnya yang ada ditoko. Untuk mendapatkan tanaman ini juga terbilang sangat gampang, tanaman ini biasanya bisa dijumpai dilahan-lahan yang kosong dan tumbuh secara liar atau anda dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

No comments:

Post a Comment