Wednesday, February 27, 2013

Manfaat Biji Jarak Sebagai Obat

Tanaman jarak merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh secara liar di hutan maupun di tanah yang kosong, belakangan ini tanaman ini juga digunakan sebagai komoditas tanaman perkebunan dan juga sebagai tanaman untuk penghijauan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan subur asalkan pH tanahnya mencapai 6-7 dan brainase airnya juga baik karena tanaman jarak tidak tahan terhadap genangan air, tanaman ini merupakan jenis tanaman perdu yang bisa tumbuh pada ketinggian 0-800 m di atas permukaan laut. Mudah juga dikembangbiakkan dengan cara menanam bijinya yang sudah tua, tanaman ini merupakan jenis tanaman tahunan dengan ciri batangnya yang bulat dan memiliki rongga, daunnya memiliki tepi yang bergigi dengan warna daun bagian atasnya hijau tua sedangkan warna bagian bawahnya hijau muda. Sebelum muncul biji bunga yang dihasilkan berwarna kuning oranye dan berkelamin satu, buahnya bulat dan berkumpul dalam satu tandan. Buahnya berwarna hijau dengan bentuk bulat dan memiliki duri-duri yang lunak, terdapat banyak manfaat biji jarak diantaranya dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar hewani selain itu manfaat biji jarak sebagai obat juga banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat.

Biji tanaman tersebut dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit diantaranya kanker mulut rahim dan kulit (Carsinoma of cervix and skin), kesulitan dalam buang air besar (Constipation), kelumpuhan otot muka (facial nerve paralysis), visceroptosis/ gastroptosis, kesulitan melahirkan dan retensi placenta/ari-ari (difficult labor and retention of placenta),scabies dan infeksi jamur, bisul, koreng, TBC kelenjar, dan juga mengobati bengkak (edema).

Berikut ini adalah ramuan yang digunakan sehingga manfaat biji jarak sebagai obat bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit diatas, penyembuhan untuk penyakit koreng yang harus dilakukan adalah ambillah 20 biji yang telah dibuang kulitnya kemudian lumatkan biji tadi sehingga membentuk bubur dan ditambahkan sedikit garam diaduk secara merata setelah itu tempelkan pada permukaan yang sakit, pengobatan dilakukan minimal 2 kali sehari.

Penyakit lain yang dapat diobati adalah kesulitan dalam melahirkan dan retensi placenta, proses yang harus dilakukan yakni lumatkan biji jarak secukupnya kemudian tempelkan ketitik akupnturnya yakni terletak di tengah-tengah telapak kaki. Penyakit Prolapsus uterus dan rectum juga bisa disembuhkan dengan biji jarak, caranya adalah ambillah biji secukupnya lalu lumatkan kemudian letakkan dititik alkupuntur yang ada dikepala.

Manfaat biji jarak sebagai obat juga bisa digunakan sebagai penanganan kelumpuhan pada otot wajah cara yang digunakan yakni lumatkan biji jarak secukupnya kemudian tempelkan pada sendi mandibular dan juga lengkungan mulut, pengobatan bisa dilakukan 2 kali sehari selama 10 hari.

No comments:

Post a Comment